Silakan tap/klik pada masing-masing kotank di bawah ini untuk melakukan negosiasi maupun konsultasi
Chat WhatsApp
Pemesanan Beton Precast & Plafon
Imam
Chat WhatsApp
Pesan Ready Mix Bandung
Pak Angga
Chat WhatsApp
Pemesanan Beton Precast
Pak Wali
Chat WhatsApp
Ready Mix Jabodetabek
Pak Aloy
mengenal jenis beton dan mutunya

Pengenalan Mutu Beton Ready Mix Untuk Pengecoran

BETON READY MIX

Beton adalah hasil dari berbagai jenis material konstruksi antara lain semen, pasir, air ditambah kerikil dan tentunya air, semuanya dicampur menjadi satu sehingga menjadi satu bahan komposit yang mengeras.

Pengenalan Mutu Beton Ready Mix Untuk Pengecoran

Penggunaan adonan atau bahan campur beton tadi setelah melalui proses pengadukan selanjutnya dialokasikan pada kebutuhan konstruksi, ada yang menggunakan besi sebagai tulangan ada yang hanya betonnya saja, biasanya untuk kepentingan pembuatan lantai.

Readymix adalah nama dari sebuah produk pembuatan beton cor yang siap digunakan tanpa harus melalui proses pembuatan pencamuran sendiri, biasanya dapat dijumpai pada tempat khusus pembuatan beton ready mix yang disebut dengan batching plant.

Selanjutnya materi ini juga sebagai dasar untuk mengenal jenis beton dan mutunya, sebelum lebih jauh bahwa materi mengenai mutu beton ini ini dilihat dari aspek ilmu teknik sipil dan standarisasi SNI dan yang berlaku di masayarakat pada umumnya. Materi ini juga sebagai tambahan dalam informasi mengenai harga ready mix

PENGENALAN MUTU dan KELAS BETON

Mutu beton adalah peng-klasifikasian untuk jenis-jenis beton agar dapat digunakan pada konstruksi tertentu dan tepat sasaran, dalam pengaplikasiannya tidak sembarangan dalam membuat campuran bahan beton untuk setiap keperluannya.

Selanjutnya adalah pengenalan terhadap kelas dan mutu beton, klasifikasi ini dimulai dari K-100 hingga K-500, inisila K artinya dalah menandakan kekuatan tekan beton per cm2, sedangkan angka 100 dan 500 menunjukan jumlah beban dalam Kg (Kilogram).

Dengan demikian bila kita membaca atau mendengar istilah beton K-100 itu artinya adalah mutu beton yang memiliki kekuatan dapat menerima beban (tekan) sebesar 100 kg/cm2. Sedangkan mutu beton bila digolongkan memiliki tiga kelas mutu, antara lain beton kelas I, beton kelas II, danbeton kelas III.

KELAS BETON

  1. Beton Kelas I : K-100, K125, K-150, K-175, dan K-200 kegunannya untuk kebutuhan pengecoran non struktural atau beton tidak memiliki struktur khusus penulangan
  2. Beton Kelas II : K-225, K-250, dan K-275 yaitu kelasifikasi beton untuk pekerjaan struktur seperti pengecoran pada lantai, jalan, pondasi, sloof, kolom dan lain sebagainya
  3. Beton Kelas III : K-325, K-350, K-375, K450, dan K-500 adalah klasifikasi beton khusus, misalnya untuk balok dan lantai jembatan, landasan pesawat, dermaga, fly over, underpass dan lain sebagainya

Bila kita sering melihat Beton Ready Mix yang biasa angkut menggunakan mobil truck molen menuju ke proyek pembangunan, atau ke perumahan yang sedang melakukan pembangunan rumah 2 lantai, beton tersebut biasanya menggunakan cor beton dengan mutu K-225, K250, atau K-275.

Apabila Anda membangun rumah 2 lantai dengan menggunakan beton dengan mutu tersebut, dapat dipastikan rumah tersebut dijamin kokoh. Sedangkan beton yang biasa kita buat dengan campuran 1 pc : 2 psr : 3 koral, itu setara dengan mutu beton K-200 ke bawah, itu pun tergantung kualitas pasir dan koral yang digunakan.

Kalau Anda akan membangun rumah 2 lantai dan ingin menggunakan mutu beton K-225atau K-275, tetapi rumah Anda tidak mungkin dapat dijangkau oleh kendaraan truck mixer, maka solusinya Anda bisa membuat sendiri adukan beton mutu K-225 dan K-275. Untuk Tiang kolom, sloof, dan balok, sebaiknya menggunakan K-275, sedangkan untuk lantai bisa menggunakan K-225.

CARA MEMBUAT BETON COR MANUAL

Cara membuat beton dengan mutu tersebut Anda harus memilih bahan pasir beton ayak yang berkualitas tanpa kandungan tanah/lumpur, cara mengetesnya dengan menggenggam pasir, pasir yang bagus akan berbunyi kemeresek akibat gesekan pasir tetrsebut.

Kemudian Anda mencelupkan pasir ke dalam ember lalu disiram air, apabila airnya berwarna coklat artinya mengandung tanah. Untuk memilih koral yang baik dan berkualitas ukuran 2/3, cirinya yaitu pecahan batu-nya yang keras. Untuk semen sudah standard SNI, merek apapun sama saja. Kualitas bahan-bahan tersebut sangat menentukan kualitas beton yang kita buat.

ISTILAH LAIN DALAM BETON

Bila ditinjau perkembangan saat ini teknologi makin maju sehingga dalam bidang konstruksipun produk-produk beton makin bermunculan, dalam hal ini yang sering berinovasi yaitu perusahaan semen terbesar yaitu Holcim.

Produk yang dimiliki holcim yang sudah menjadi isitilah umum dalam penggunaan beton yaitu disebut minimix, selanjutnya apa itu minimix holcim tersebut?

Minimix adalah istilah untuk beton yang diangkut dengan menggunakan mobil truck kecil, kurang lebih 2.5 m3, artinya tidak menggunakan truk mixer atau molen standar (truk besar)

No Responses

Leave a Reply